Catatan Seorang Prajurit Kecil

Ikon

biarlah semua itu berjalan sesuai "skenario" NYA – jika kau telusuri, semua logika itu akan kau temukan

STRUTS vs SPRING vs JSF


Struts, Spring dan JSF merupakan “salah tiga” dari sekian banyak framework Java EE yang sangat popular di kalangan pengembang perangkat lunak, khususnya yang memfokuskan diri pada Java EE, dengan framework, siklus pengembangan perangkat lunak akan lebih terstruktur, rapih, cepat dan terdokumentasi dengan baik. Namun dengan banyaknya pilihan framework tentu saja terkadang membuat kita pusing untuk memilih framework yang mana yang akan digunakan, khususnya bagi pemula pasti akan merasa pusing dengan banyaknya pilihan ini.

Layaknya memilih seorang pacar, kitapun harus berhati-hati dan teliti dalam memilih framework yang akan digunakan, sekali saja kita salah dalam memilih framework, maka “akan sedikit malas” untuk berpindah ke framework yang lain.

Untuk pengembang Java, khsusunya Enterprise Edition, adan banyak framework yang disediakan, seperti misalnya yang sangat popular adalah: Struts, Spring dan JSF. Pertanyaannya adalah, framework yang mana yang akan kita gunakan? tentunya kita menginginkan framework yang akan kita gunakan adalah framework yang bisa mengakomudasi semua kebutuhan kita, untuk itu kita memerlukan perbandingan-perbandingan framework yang akan kita gunakan.

Matt Raible dalam slide nya melakukan perbandingan-perbandingan antar ketiga framework diatas. Teman-teman bisa mendownload slide nya di sini atau jika sudah dihapus, bisa di download di sini. Pada slide ini Matt membandingkan framework-framework tersebut dari sisi tools yang disediakan, life cycle, kebutuhan dunia pekerjaan akan framework tersebut, support forum / mailing list dan lain-lain.

So..tunggu apa lagi, dari pada sembarangan memilih, dapet-dapet malah ga sesuai dengan yang kita butuhkan, oleh karena itu alangkah baiknya sebelum memilih kita pastikan dulu framework tessebut sesuai dengan kebutuhan kita.

Filed under: Algorithm and Programming, , , , , ,

3 Responses

  1. wah bahasa java yah…
    kalo saya bisanya bahasa Jawa Sob..
    salam kenal saja

  2. learning4education mengatakan:

    Saya seorang pemula dan sedang mendalami Struts. Like this JavaEE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: