Catatan Seorang Prajurit Kecil

Ikon

biarlah semua itu berjalan sesuai "skenario" NYA – jika kau telusuri, semua logika itu akan kau temukan

Java GridLayout


Setelah browse sana, browse sini, download sana, download sini, akhirnya bikin GridLayoutnya pake JCreator juga, tadinya dikira pake NetBeans “enak” tinggal drag and drop sana sini, eh tahunya susah juga, hasil generate code NetBeans ga bisa diedit lagi (tapi baca2 di blognya yang udah biasa pake NetBeans katanya bisa, tapi harus ada beberapa hal yang harus dikonfigurasi…) ya udahlah daripada pusing2 pake NetBeans bikin aja pake JCreator.

GridLayout merupakan salah satu dari sekian banyak layout yang ada pada Java, GridLayout merupakan paket komponen AWT, dengan GridLayout kita bisa mengatur komponen-komponen yang ada pada sebuah Container (JPanel, JFRame dll…) layaknya sebuah tabel/array dengan 2 dimensi, yaitu:

|  1,1    |   1,2   |

|  2, 1  |   2,2   |

Jumlah baris dan kolom bisa didefinisikan pada Constructor GridLayout atau di set menggunakan method setRows (int x )dan setColumns(int x) , saya belum explore lagi apakah, Default Layout ini memungkinkan Colspan dan Rowspan, Grab dan lain sebagainya, karena biasanya saya menggunakan Eclipse IDE (SWT Component) + WindowsBuilder sebagai Designer sehingga ada plugins/library tambahan agar GridLayout bisa di Colspan dan Rowspan, Grab dan lain sebagainya.

Oke, intinya saya ingin share sedikit code untuk membuat GridLayout menggunakan paket  AWT + component SWING (Label, Frame, Panel dan TextField), kasusnya bisa dilihat pada gambar berikut, dan source code nya bisa didownload disini


Filed under: Algorithm and Programming, ,

3 Responses

  1. Realodix mengatakan:

    Hhmm…
    Aplikasinya boleh juga..🙂

  2. nicko mengatakan:

    ada ga source code buat tampilin hasil inputan GUi??
    kalo ada gmn caranya?

    thanx b4….😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: