Catatan Seorang Prajurit Kecil

Ikon

biarlah semua itu berjalan sesuai "skenario" NYA – jika kau telusuri, semua logika itu akan kau temukan

Apa sih Cloud Computing itu?


Semenjak masuk kuliah tanggal 15 Februari lalu, pikiran saya mulai cenghar lagi, setelah beberapa waktu sebelumnya mulai memudar, apalagi ketika matauliah Rekayasa Perangkat Lunak, dimana waktu itu dosennya (Bpk. Sony Fajar Gumilang, ST. MCAS) mengenalkan sebuah teknologi baru yang agak cukup asing didengar ditelinga, yaitu “Cloud Computing”, ketika pertama kali mendengar istilah ini, memang agak bingung, dalam hati selalu bertanya: apa sih cloud computing itu? Nah setelah cari-cari di internet, saya mendapatkan sebuah majalah online (e-magazine) di alamat: http://www.infoworld.com yang membahas pengenalan cloud computing, ya udah…kebetulan majalahnya free alias gratis, langsung aja saya download dan coba pelajari, berikut ini merupakan resume yang saya coba buat dari majalah tersebut mengenai cloud computing. Penasaran….? Ayo langsung aja….

Cloud computing sebenarnya merupakan sebuah konsep teknologi baru pada saat ini yang memungkinkan para pengguna IT atau lebih dikenal dengan istilah user, untuk menggunakan produk-produk IT dalam bentuk sebuah service, dengan konsep ini perusahaan atau organisasi pengguna service tidak perlu lagi memikirkan infrastruktur teknologi, men-training tenaga ahli, atau membeli lisensi sebuah software. Dengan cloud computing, perusahaan atau organisasi cukup berlangganan satu atau lebih service yang dibutuhkan dengan pembayaran dilakukan per service melalui Internet. Berikut ini beberapa breakdown dari pengertian cloud computing diatas.

  1. SAAS (Software As A Service), merupakan konsep dimana perusahaan penyedia jasa (provider) memiliki sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh banyak client, dengan ini client tidak perlu menyiapkan sebuah server dan membeli lisensi software, mereka cukup membeli service dari aplikasi tersebut, tentu saja hal ini akan memangkas biaya operasional perusahaan.
  2. Utility Computing, cloud computing jenis ini menawarkan sebuah solusi dalam bentuk virtual server dan jasa penyimpanan data (storage data center).
  3. Web Services In The Cloud, merupakan jenis cloud computing yang menyedikan service APIs yang bisa digunakan oleh para developer untuk membangun sebuah aplikasi, contohnya: Google Maps, ADP Payroll Processing, the U.S Postal Service, Bloomberg, etc..
  4. Platform As A Service,  merupakan jenis cloud computing yang menyedikan service berupa application development environment, yaitu sebuah lingkungan pengembangan aplikasi dimana pengembang bisa menjalankan aplikasinya di server provider dan diserahkan kepada client-nya melalui Internet.
  5. MSP (Manage Service Provider), yaitu merupakan service untuk melakukan manajemen terhadap aplikasi yang digunakan oleh cloud computing. Dengan service ini, manajemen aplikasi akan menjadi lebih mudah, karena dilakukan pada satu aplikasi yang digunakan oleh banyak user, sehingga bisa lebih focus, contohnya: scanning virus, spam dan lain sebagainya.
  6. Service Commerce Platforms, yaitu merupakan sebuah hybrid SaaS and MSP. Service ini menghubungkan antara satu user dengan user lainya, jika diibaratkan dalam sebuah jaringan komputer, service ini bertindak sebagai hub yang menguhubungkan satu client dengan client lainnya. Service ini banyak digunakan dalam lingkungan perdagangan.
  7. Internet Integration, nah kalo yang satu ini saya belum begitu ngerti (mau ngenjelasin takut salah😉, mungkin bagi teman-teman yang udah ngerti, bisa comment (sharing) pada artikel ini.

Segitu aja dulu pengenalan cloud computing-nya, nantikan artikel selanjutnya mengenai cloud computing yang lain, misalnya: kategori cloud computing, vendor/provider penyedia jasa yang menggunakan teknologi cloud computing, teknik dan cara memilih vendor cloud computing untuk perusahaan kita dan lain sebagainya.

Referensi:

[1].    “Cloud Computing Deep Dive” (e-Magazine From http://www.infoworld.com) Edisi September 2009

Filed under: Software Engineering,

6 Responses

  1. junifar mengatakan:

    Nice pOst Bro.

  2. reyvababtista.com mengatakan:

    waw…barusan cari di gugel tentang cloud computing. akhirnya ketemu juga di sini. ternyata manfaat IT tu hebat ya, kalo ada duitnya…hehe

  3. worldwebdesigned.com mengatakan:

    Keren post nya…. keep posting mas..

  4. mantan calon rektor mengatakan:

    good posting, thank you

  5. Mas Blue mengatakan:

    Internet Integration menurut saya seperti ini :
    Taruh saja dalam sebuah kampus berlangganan ISP misalnya Astinet Telkom. Di kampus itu khan banyak dosen dan karyawan yang kebetulan berlangganan Speedy Telkom, Nah, melalui infrastruktur jaringan yang sudah maju maka bisa dibuat Cloud yang mewadahi pelanggan speedy untuk “menumpang” servis Astinet yang tentunya telah didaftarkan lebih dulu. Dengan begitu para “penumpang” bisa merasakan kecepatan “ngebut” seperti berinternet di dalam kampus. Itu cuma salah satu pemanfaatan yang paling sederhana. (pendapat saya ini sangat terbuka untuk dibantah)

  6. HB mengatakan:

    Sangat bermanfaat…;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: