Catatan Seorang Prajurit Kecil

Ikon

biarlah semua itu berjalan sesuai "skenario" NYA – jika kau telusuri, semua logika itu akan kau temukan

Backup Outlook Secara Manual


Teman-teman, sering pake outlook kan? Pernah ga terfikir bagaimana caranya agar ketika kita melakukan install ulang system operasi kita, email yang ada di Ms.Outlook kita tidak hilang? Outlook tidak menggunakan Ms.Access Lho? Ataupun tidak menggunakan MySQL, jadi kita tidak bisa menyimpan data Ms.Outlook dalam Query Extension (*.SQL)😉. Nah lho… jadi gimana yah…. Mudah koq, malah lebih mudah dibandingkan dengan query, kita cukup copy + paste aja…

1. Buka Ms.Outlook, kemudian klik Tools -> Option.

2. Akan tampil kotak dialog Option, kemudian klik Tab Mail Setup, nah perhatikan di kanan ada tombol Data Files

1

3. Klik tombol Data Files tersebut, kemudian akan tampil Konfigurasi untuk Data Files Ms.Outllok

2

4. Double klik pada Personal Folders kemduian akan tampil kotak dialog seperti berikut

3

6. Sekarang buka Windows Explorer dan paste pada Address bar seperti berikut

4

7. .pst nya kita hapus, kemudian tekan enter, nah disana akan ada beberapa file, kemudian copy file tersebut dan paste di flashdisk teman-teman atau simpan di Drive D, E atau yang lainnya.

5

Nah sekarang silahkan install system operasi teman-teman, kemudian jika sudah untuk me-restore data Ms.Outlook lakukan hal yang sama, yaitu dengan meng-copy file yang sudah kita backup tadi ke path dimana Data Files di konfigurasi.

Gimana sekarang kebayangkan, jadi Ms.Outlook itu menyimpan semua data-datanya dalam bentuk file, bukan menggunakan database seperti Ms.Access atau MySQL, oke deh segitu aja, semoga bermanfaat, seperti biasa kritik dan saran kirim aja ke agotekom@gmail.com

Filed under: Aplikasi, Dunia Informatika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: