Catatan Seorang Prajurit Kecil

Ikon

biarlah semua itu berjalan sesuai "skenario" NYA – jika kau telusuri, semua logika itu akan kau temukan

Pekerjaan Untuk Anak-anak Informatika


kariritTak terasa sejak masuk kuliah tahun 2004 lalu hingga sekarang perjalanan waktu serasa seperti baru kemaren duduk di bangku kuliah. Yups…seorang anak dari pulau Belitong mencoba untuk mencari sesuatu yang disenanginya di kota kembang, dengan linglung kesana kemari mencari referensi untuk memilih jurusan yang akan diambil, akhirnya dengan 70% rasa optimis untuk mengambil jurusan Teknik Informatika karena sejak SD hingga SMA sangat hobi sekali bermain game, dari mulai GameBot, Nintendo, Sega, PS1, hingga PC Game dan setelah besar bercita-cita ingin menjadi seorang pembuat Game, huhuh…..;-d

Oke, just an intermezzo friends…. Pengen sharing aja sama temen-teman ataupun adik yang sekarang lagi kuliah and ambil jurusan Teknik Informatika, oh yah, udah kepikiran belom ntar kalo udah lulus kuliah mau kerja di mana, terus apa yang akan di kerjakan? Nah itu dia yang ingin saya bicarakan disini. Begini ceritanya….

Dulu waktu pertama kali kuliah, sama sekali buta dengan yang namanya bahasa pemrograman, jaringan, atau bahkan komputer itu sendiri, hanya sekedear tahu Microsoft Windows 98, Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint dan sedikit pernah mendengar kata Pascal, cuman ga tahu apa itu pascal ;-d

Huhuh… bingungnya bukan main, teman-teman yang lain udah pada buka kompie di lab, udah pada buka progam macem-macem, saya cuman bisa ngliatin aja… hohoh…. Terus terpikir, walah susah juga kuliah di Teknik Informatika yah?

Hari pertama belajar Borland C++, walah….ini apa? Koq layarnya warna biru semua, terus apa maksudnya include, print, ****** dan lain-lain… pusing nya bukan maen, mana kompie belum ada di kostan…. Walah-walah…. Harus cari-cari referensi nih… huhuh… akhirnya setelah 1 semester pertama kebayang juga apa itu pemrograman C++, Pascal, VB dan PHP. Pikiran selanjutnya ntar kalo udah lulus kuliah kerjanya ngapain yah? Bikin program pake C++? Kan cuman bisa nampilin

Masukan Nama : Agus Zulvani (Enter)

NRP : 6304***

Kelas : 1TI1

———————————

Selamat Datang, Agus Zulvani

NRP Anda 6304**** dan Anda duduk di Kelas 1TI1

———————————

Tekan F1 untuk keluar

Tekan F2 untuk menginput data lagi

Walah-walah…. Buat apaan yang kayak ginian….? Hahah… oke sudah cukup deh kenalan sama katro nya Goez….ixixixix

Teman-teman, intinya gini, saya pengen banget berbagi kepada teman-teman khususnya yang lagi kuliah di Informatika, mungkin teman-teman mempunyai pikiran yang sama dengan saya, buat apa belajar C++, VB, Pascal dan lain-lain kalo cuman buat nampilin yang kayak diatas? Halah…. Kayaknya perusahaan ga butuh yang kayak gituan…. Nah, inilah kebanyak pikiran yang ada dalam otak anak-anak Inforamtika apalagi yang masih awam ketika masuk kuliah, sama kayak saya….;-d

Nah, jangan takut teman-teman, dunia Informatika itu umumnya terbagi jadi 2 ketika kita menghadapi dunia pekerjaan / bisnis. Yang pertama adalah lebih ke Jaringan / Networking, nah anak-anak yang suka ngulikin Server Configuration ataupun hacking men hacking cenderung masuk dalam kategori ini, yang suka ngotak atik registry, ataupun file file so nya linux atau bahkan coba-coba core dan kernel linux. Yang kedua adalah programming yaitu anak-anak yang suka ngulikin pemrograman dari mulai GUI hingga Web Based atau balik ke belankang Text Based seperti C++ atau Pascal.

Nah, kebetulah saya adalah tipe orang yang no 2 yaitu programming, karena sejak masuk kuliah dan sejak mengenal dunia pemrograman, saya langsung jatuh cinta, asyik rasanya ketika kita menginputkan sesuatu pada mesin dan mesin itupun memberikan respon kepada kita, bahkan kita bisa memerintahkan mesin sesuai dengan keinginan kita.

Ketika udah masuk ke dunia bisnis/pekerjaan, tipe programming umumnya bekerja sebagai programmer, system analis, database administrator atau IT Staff sedangkan tipe networking atau jaringan biasanya bekerja sebagai Admin Network, Hacker, Teknisi Jaringan dan sebagainya. Namun terkadang orang lebih suka menguasai ke 2 nya, namun itu akan bisa kita raih dengan semakin bertambahnya jam terbang kita.

Oh ya, jika teman-teman lebih suka ke programming, jangan takut dan khawatir untuk mempelajari apapun yang didapat dari bangku kuliah, karena semua itu akan digunakan dan sangat berguna ketika kita bekerja, karena gini dulu waktu saya kuliah saya sempat berfikir untuk apa belajar C++, kalo cuman buat yang kayak ginian…. Nah setelah sekarang masuk dunia kerja barulah rupanya mengerti bahwa C++ banyak digunakan untuk membuat interface untuk device-device tertentu….huhuh…

Kalo untuk tahapan karir, biasana orang informatika diawali dari programmer atau teknisi jaringan atau bisa juga IT Staff dimana pekerjaanya 10x lebih rumit dibandingkan staff akuntansi ataupun staff-staff yang laen…but don’t give up, because the information technology is the best skill on the world.

Filed under: Dunia Informatika

9 Responses

  1. andre mengatakan:

    help me please for fc7 about setting, configurating and trouble setting thank for all about it

    andre

  2. antena wifi wireless mengatakan:

    kalo aku lebih ke jaringannya bro,,,

  3. Hafizh Hasanudin mengatakan:

    cuy bneran ente dulu c++ cuma bisa nampilin??

    masa now u jd programmer! heuheu

  4. sgtdyg mengatakan:

    ikutan ah…(never late)
    kl aku jadul 1992 based text (clipper summers) ampek nglotok, gui (pscal,vb-nem) trus lg tertarik web based (php). krn sibuk dikerjaan palagi kantor lemot disoftware (maklum bro — BUMD/pemda)jd aku jg ikut lemot, masa hr gini baru web based, tp g p p keep going aja fren…salut buat km bro dah sukses.
    btw dr hasil monitoring kenapa programmer pada kering semua ya (palagi aku nih)…ya ialah kan type pemikir dan paling betah laper!!! — setuju ga bro?
    OK deh salam buat org2 TI (teknikinformatika).
    bro..bagi ilmunya blh kan? (network ama prg)

  5. arief mengatakan:

    makasih sarannya,pemikiran mas sama dg Q.bleh dong tp Q msh dasar didunia TI jd g’ banyak tw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: